manfaat dari permainan engklek-inkling-sondah-sundamanda

Sejatinya setiap permainan tradisional itu mempunyai manfaat yang jauh lebih besar di bandingkan permainan modern. berikut ini ulasan berbagai manfaat di lihat dari berbagai sudut pandang.



Nilai deteksi dini untuk mengetahui anak yang mempunyai masalah.
Hal ini sesuai dengan pendapat Hurlock (1991) bahwa bermain bisa mencerminkan bagaimana penyesuaian diri anak.

Nilai untuk perkembangan fisik yang baik.
Pada permainan Engklek/sondah banyak terdapat gerakan-gerakan, bisa dikatakan dengan memainkan engklek anak-anak telah melakukan olar raga sehingga mendapatkan tubuh yang sehat.

Nilai untuk kesehatan mental yang baik
Nilai untuk kesehatan mental yang baik, yaitu: membantu anak untuk mengkomunikasikan perasaannya secara efektif dengan cara yang alami, mengurangi kecemasan, pengendalian diri, pelatihan konsentrasi.

Nilai problem solving
Sutton & Smith (dalam Hughes, 1999) bermain mempunyai fungsi problem solving yang dapat ditransfer dalam mengatasi permasalahan dalam kehidupan nyata.
Beberapa permasalahan yang harus dihadapi anak dalam bermain engklek mencakup bagaimana anak harus mengambil keputusan untuk menentukan pilihan tempat untuk dilempar, membuat strategi untuk memenangkan permainan, mencoba menyelesaikan masalah ketika ada konflik dengan teman.

Nilai social
Menurut Santrock (2000) syarat permainan games pesertanya lebih dari satu orang. engklek adalah permainan yang dimainkan lebih dari satu orang sehingga anak-anak mau tidak mau pasti berkomunikasi dengan teman mainnya

Hasil Kajian yang diteliti Dra. Winiarti, M.Si




0 komentar: