Dolanan Lepetan

Hai... sahabat!! Ma-af ya sahabat nampilin postingan tentang permainan lepetan cuma bisa segini, soalnya aku memang betul – betul gak tahu dan sulit mau cari sumber maupun narasumber.Yang penting, meskipun Cuma sedikit paling nggak bisa nambah pengetahuan kita. Permainan ini di kenal di Yogyakarta dan sekitar dengan nama LEPETAN. Permaian tradisional anak-anak yang biasanya dimainkan oleh anak-anak terutama oleh anak perempuan.

Cara bermain

Jumlah anak yang dbutuhkan dalam permainan ini tidak ada aturanya ya paling tidak ada tiga anak atau lebih banyak anak lebih bagus karena semakin ramai. anak-anak berbaris dan bergandengan tangan. Seorang berpegangan pada pohon sebagai pangkal. Kemudian dari pemain ujung menyusup ke ketiak pangkal dan seterusnya, hingga semua pemain kedua tangannya mendekap pada dada. Pemain ujung melepaskan diri, kemudian seolah-olah ia membagi-bagikan nasi denganlauk, sambil berkata

Nya sega, nya sega….nya lawuhe

yang artinya

ini nasi, ini nasi ……ini lauknya”.

Dan pada giliran paling akhir si pembagi berkata “ Enya wakule”, yang artinya “Ini bakulnya” Anak yang menerima bakul tersebut, dalam permainan berikutnya berganti menjadi pembagi dan berada paling ujung. Permainan akan berakhir jika anak-telah merasa lelah atau bosan. permainan ini tidak ada yang menang taupun yang kalah, ermainan ini hanya untuk bersenang-senang belaka.

0 komentar: