Permainan Tradisional Sumatera Utara

sahabat, berikut ini adalah berbagai permainan tradisional yang berasal dari sumatera utara, sebenarnya ini baru sebagian kecil dari semua permainan tradisional yang ada di sumatera utara. karena keterbatasan sumber baru ini yang dapat saya persembahkan. berikut permainan - permainan tradisional tersebut :

Taratintin
Taratintin adalah permainan dengan banyak orang. Seorang “terhukum” diposisikan untuk menghitung dari 10-100 dengan kelipatan 10 (sambil tutup mata dan kepala bersandar ke pohon atau kalau tidak ada pake dinding rumah) lalu peserta lain akan bersembunyi.

Gala Hambek
Gala Hambek adalah permainan 3 lawan 3, dengan membuat semacam garis-garis menyerupai kotak di tanah.

Iye-Iye
Iye-iye adalah permainan khusus para perempuan. Iye-iye merupakan permainan loncat gelang karet, tapi tidak jarang ada para anak laki-laki yang coba menantang kehebatan para perempuan ini dalam hal loncat terutama itu waktu karet direntangkan di atas kepala.

Tokok Lele
Permainan perorangan dengan alat bantu berupa 2 buah batangan kayu bulat kecil, yang satu (pemukul) seukuran 30cm dan umpannya seukuran 15cm. Lalu si umpan (lele) diletakkan di ujung lobang kecil memanjang (posisinya menjungkit). Ujung umpan di “tokok” pakai pemukul sehingga melenting ke udara setelah terlebih dahulu membentur tanah. Ada beberapa variasi pukulan untuk mendapat nilai lebih.

Untuk langkah 1, nilainya adalah 5. Kayu 15cm diletakkan melintang di cekungan tanah, pemain seperti mendongkrak harus melentingkan tongkat melewati garis yang ditentukan dengan tongkat yang lebih panjang lagi (30 cm). Jika tidak tertangkap lawan, maka akan berlanjut ke level berikutnya. Jika tertangkap lawan dengan kedua tangan, maka orang itu harus diganti dengan yang lain masih dengan tim sama.

di level 2, individu akan berdiri di bagian garis dalam, dengan tangan kanan memegang kedua tongkat itu, harus berhasil memukul tongkat kecil semakin jauh. Jika gagal maka pemain harus diganti lagi dengan tim yang sama dari awal lagi. Jika tongkat berhasil dipukul dan tidak tertangkap, poinnya adalah 5. Namun jika lawan berhasil menangkap dengan tangan kanan, lawan mendapat tambahan poin 5, jika dengan tangan kiri poin 10, jika kaki kanan 15, kaki kiri 20. Jika lawan tidak dapat menangkap tongkat maka permainan akan menuju level 3.

Piccek Baju
permainan perorangan. Garis kotak di tanah menyerupai model pakaian. Peserta meloncat-loncat dengan satu kaki. Untuk mengambil piccek pun dilarang pakai anggota tubuh lain selain telapak tangan (tidak boleh bertumpu ke lengan). Umumnya permainan perempuan, tapi banyak juga laki-laki berminat.

Kalereng
Permainan ini cukup umum di Indonesia.
Namun ada yang unik di Sibolga, karena cara memainkannya adalah dengan melentingkan kelereng ke sasaran yang hanya pakai satu tangan.

berbagai permainan tradisional ditas sebenarnya sama dengan permainan tradisional di daerah lain, yang membedakan hanya nama dan variasi dalam permainan tradisional tersebut. diambil dari berbagai sumber.

0 komentar: