Kitiran daun kelapa (baling-baling)

 
Permainan Kitiran merupakan istilah tradisional dari permaina baling-baling untuk istilah modernya, permainan baling-baling atau lebih iran di kenal dengan nama kitiran di daerah pedesaan. permainan baling-baling ini memliki banyak jenis dan variasinya, bahkan modern kini permainan baling-baling dari bahan plastik juga terus berinovasi.



Salah satu dari sekian permainan tradisional yaitu permaina baling-baling dari Tanaman serbaguna "Tanaman Kelapa", ya, tanaman yang dapat di manfaatkan seluruh bagianya ini juga dapat dignarunakan untuk membuat baling-baling. daun kelapa merupakan bahan utama dalam membuat baling-baling ini.

 

Cara pembatanya sebenarnya mirip dengan membuat origami di kertas hanya saja ini berbahan daun kelapa. permainan ini biasanya di mainkan oleh anak-anak di saat musim kemarau, karena musim kemarau banyak angin yang akan memutar baling-baling. kebanyakan yang memainkan adalah anak perempuan atau anak-anak di bawah 7 tahun. biasanya anak laki-laki di atas 7 tahun akan memainkan baling-baling yang dari bambu. Permainan ini masih bisa di temukan di pedesaan di Daerah Istimewa Yogyakarta.




1 komentar:

Bawi said...

Wah ini, jaman aku kecil.. dulu suka buat yang kayak gini... kreatif dan menyehatkan, coz untuk bisa muter tu kitiran harus dibawa lari.. smpe kesandung bonyok dengkulnya.. haha... just sharing//