KIsah dibalik permainan engklek/ingkling


Sebenarnya setiap permainan anak tradisional yang berkembang di indonesia itu memiliki riwayat, kisah, makna maupun tujuan di balik adanya permainan tradisional. Hanya saja kadang kita hanya melihat dengan sebelah mata sehingga lambat laun berbagai permainan anak tersebut mulai di lupakan. berikut sedikit pesan yang terkadung dari permainan engklek/ingkling.

Isi legenda mengisahkan usaha orang-orang membendung sungai Kacangan agar airnya bisa dimanfaatkan sebagai sumber pengairan bagi sawah dan ladang di desa tersebut. Ide pembendungan sungai berasal dari seorang Kiyai di desa tersebut.

Beliau melihat kekeringan yang melanda desa dan kesulitan ekonomi akibat sulit menanam padi dan tanaman lain untuk kebutuhan sehari-hari. Keadaan tanah desa yang berada di atas sungai kacangan menyebakan kesulitan pengairan. Oleh sebab itu, Kyai bersama seluruh masyarakat bergotong royong membendung sungai dan membuat irigasi.

Akhirnya, desa mampu menanam padi dan pohon palawija lain untuk kebutuhan sehari-hari. Sampai saat ini, masyarakat dapat mengairi sawah, ladang, dan kolam. Irigasi tersebut sekarang menjadi sebuah sungai yang konon dapat mendatangkan banyak rejeki. Ada kisah, barang siapa yang mandi di sungai tersebut, ia akan awet muda.

0 komentar: